Selasa, 28 November 2017

Jenis-jenis Bunga Anggrek


             " JENIS-JENIS BUNGA ANGGREK"


     Bunga anggrek merupakan bunga yang memiliki jenis yang sangat banyak. Setiap jenis bunga anggrek memiliki ciri khusus tersendiri. Di Indonesia sendiri juga sangat banyak jenis bunga anggrek bahkan ada sebagian diantaranya yang dilindungi karena sudah mulai langka.
    Untuk menambah wawasan kita tentang bunga anggrek berikut adalah beberapa jenis bunga anggrek yang memiliki keindahan bunga yang sangat memukau.

1. Anggrek Bulan Kalimantan Barat

    Nama ilmiah dari tanaman ini adalahParaphalaenopsis serpentilingua. Ciri utama bunga anggrek bulan Kalimantan adalah bunga berwarna putih dengan corak berwarna kuning dan merah.
    Dengan bentuk yang lucu dan warna yang menawan membuat orang yang melihatnya akan terpesona dengan keindahannya. Bunga anggrek kalimantan merupakan salah satu jenis bunga yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

2. Anggrek Tebu

    Bunga anggrek tebu merupakan salah satu bunga anggrek yang paling besar karena mempunyai berat mencapai 1 ton dengan tinggi 3 meter. Bunga dengan nama latinGrammatophyllum speciosum memiliki ciri warna kuning dengan bintik berwarna coklat merah atau kehitam-hitaman. Salah satu keunikan dari bunga anggrek ini adalah tidak mudah layu meskipun telah dipotong batangnya, bahkan bisa bertahan sampai 2 bulan.

3. Anggrek Kantung Kolopaking

    Anggrek yang satu ini termasuk dalam jenis tanaman yang sangat langka. Bunga ini merupakan salah satu tanaman endemik Kalimantan Tengah yang hidup di bebatuan berlumut. Habitat bunga ini berada pada ketinggian 600dpl. Anggrek jenis ini hanya ada di Kalimantan Tengah.
    Anggrek katung kolopaking memiliki nama latin Paphinopedilum kolopakingii dengan ciri daun berwarna hijau tua, dan berbentuk pita dengan ujung bulat dengan panjang sekitar 20 sampai 80 cm.

4. Anggrek Hitam  

    Anggrek hitam memiliki nama latinCoelogyne pandurata merupakan salah satu tanaman yang digunakan sebagai maskot provinsi Kalimantan Timur. Anggrek ini biasanya tumbuh di tempat yang teduh seperti di pohon-pohon tua, di daerah dekat rawa dan pantai dan di daerah dekat sungai-sungai di hutan basah.
   Ciri khas anggrek hitam terletak pada bunganya yaitu lidah yang memiliki warna hitam dengan sedikit garis-garis warna hijau dan berbulu. Dalam setiap tandan terdapat sekitar 1 sampai 14 kuntum atau lebih.

5. Anggrek Bulan

    Anggrek bulan mempunyai nama latinPhalaenopsis amabilis merupakan salah satu jenis anggrek yang memiliki ciri kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih. Jenis anggrek ini termasuk ke dalam tanaman anggrek monopodial yang hidup di tempat yang terkena sedikit cahaya. Bentuk daun yang memanjang dan berwarna hijau sedangkan bagian akar anggrek bulan memiliki warna putih dengan bentuk bulat memanjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar